5 Makanan Sederhana Indonesia yang Kalau Di Luar Negeri Harganya Mahal

1. Tempe

sumber gambar
Siapa sih yang enggak tahu makanan yang konon sangat merakyat ini? bahkan ada yang bilang kalau belum orang Indonesia namanya kalau enggak pernah makan tempe. Ya, di Indonesia kamu bisa makan tempe sepuasnya dengan harga yang sangat murah. Namun jika kamu berada di luar negeri sana, jangan harap kamu bakalan menemukan kelezatan tempe dengan harga miring.

Jika di Indonesia kita bisa makan tempe hanya berbekal uang Rp. 5000 saja, maka di luar negeri sana butuh Rp. 25.000 untuk mendapatkan satu tempe itupun juga yang kecil. Hmm, mungkin karena harus mengimpor dari Indonesia kali ya, jadinya harganya bisa semahal itu.

2. Nasi Pecel
sumber gambar
Nasi pecel atau orang jawa menyebutnya sego pecel adalah makanan khas Madiun yang bisa kamu temui di berbagai kota di Jawa Timur. Banyak yang bilang kalau masakan ini merupakan makanannya ‘wong ndeso’ karena memang jadi menu sarapan favorit mereka yang berada di desa.

Disini kamu bisa menikmati sego pecel dengan harga kisaran Rp. 5000 saja untuk satu porsi. Tetapi di luar negeri, harganya bisa 5 kali lipat dari harga normalnya, yakni Rp. 25.000. Dan harga segitu juga enggak menjamin rasanya bakalan seenak yang di tempat asalnya.

3. Nasi Goreng
sumber gambar
Bisa dibilang nasi goreng merupakan menu yang paling disukai orang luar negeri, bahkan Presiden AS, Barack Obama pernah bilang kalau beliau suka dengan makanan ini. Harganya yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 10.000an membuat siapa saja bisa menikmatinya.

Sementara di Amerika Serikat, harga satu porsi nasi goreng bisa mencapai angka Rp. 110.000. Coba bayangin, buat menikmati nasi goreng aja harus ngeluarin uang sebanyak itu. Tapi buat warga AS sana sih uang segitu juga enggak jadi masalah.

4. Soto Ayam
sumber gambar
Makanan dari Lamongan ini termasuk masakan yang merakyat karena disukai banyak kalangan. Selain itu untuk urusan harganya tak terlalu menguras kantongmu. Cukup dengan uang Rp. 10.000 saja kamu bisa menikmati seporsi soto ayam lengkap dengan minumnya.

Bandingkan jika kamu berada di Jerman, kamu butuh Rp. 180.000 hanya untuk semangkok soto ayam. Itu juga belum dengan minumnya yang harganya pasti mahal.

5. Sate Ayam
sumber gambar
Masih ingat waktu Liverpool datang ke Indonesia beberapa tahun lalu. Diketahui bahwa Daniel Agger (bek Liverpool saat itu) membawa beberapa tusuk sate ayam untuk dimakan di Inggris sana. Itu membuktikan bahwa makanan ini juga disukai orang luar negeri.

Alasan Agger membawa sate ayam langsung dari Indonesia mungkin karena harganya yang mahal jika membeli di Inggris. Lebih baik beli di Indonesia dengan harga Rp. 15.000 daripada di Inggris yang mencapai angka Rp. 150.000.

Ternyata murah banget kan masakan dari Indonesia. Dan kamu masih saja menyukai masakan luar negeri? Situ waras broh, eh.
Previous
Next Post »