5 Megaproyek Dengan Waktu Pembuatan Terlama di Dunia

1. Chichen Itza, Meksiko

Chichen Itza merupakan bangunan peninggalan bangsa Maya di Meksiko. Berlokasi di Semenanjung Yucatan, bangunan tersebut memiliki luas 6 mil persegi. Yang menarik dari bangunan ini adalah bentuk bayangan yang akan menyerupai ular raksasa apabila matahari tepat berada di atas bangunan.

Mengingat pengetahuan orang zaman dulu berbeda dengan sekarang, maka konsep tersebut terbilang luar biasa. Terlebih cara mereka membangun Chichen Itza tanpa menggunakan hewan maupun roda. Walhasil bangunan ini baru selesai selama 400 tahun.

2. Angkor Wat, Kamboja
Ketika Kamboja dikuasai Kerajaan Khmer, mereka berhasil menciptakan bangunan yang kelak menjadi ‘simbol’ negara. Angkor Wat mulai dibangun pada abad ke-12 dan memerlukan 412 tahun untuk menyelesaikannya. Konon, bangunan ini diciptakan untuk menghormati dewa Hindu, yakni Dewa Wisnu.

3. Petra, Yordania
Di masa lalu rakyat Yordania berhasil membangun sebuah benteng di tengah gurun pasir. Pada masa kejayaannya, bangunan yang diberi nama Petra ini dihuni 20.000 jiwa dan menjadi wilayah yang cukup berpengaruh, terutama dari segi perdagangan.

Jika anda melihatnya sekarang, anda akan takjub dengan ukiran benteng yang luar biasa. Namun tahukah kamu, orang Yordania membuat ukiran-ukiran di benteng tanpa bantuan alat yang memang belum ada pada saat itu. Inilah yang menyebabkan Petra tergolong lama dalam hal konstruksi hingga membutuhkan waktu 850 tahun.

4. Stonehenge, Inggris
Batu berukuran raksasa ditegakkan dan ada yang ditumpuk di atasnya. Tidak ada yang tahu pasti mengapa orang zaman dulu membuat Stonehenge. Namun yang pasti ada sesuatu yang menarik dari bangunan tersebut.

Setiap batu yang memiliki berat hampir 4 ton diseret dari Wales menuju Wiltshire, Inggris. Belum lagi bagaimana orang zaman dulu menumpuk batu 4 ton tanpa menggunakan alat modern. Makanya tak mengherankan apabila butuh 1.600 tahun bagi rakyat Inggris untuk menyelesaikannya seperti sekarang.

5. The Great Wall of China, China
Ketika suatu negara ingin melindungi rakyatnya, maka China benar-benar mewujudkan hal tersebut. Dengan tembok raksasa yang membentang sepanjang 6.600 km, China ingin negaranya aman dari berbagai ancaman.

The Great Wall of China dibangun dari dinasti ke dinasti selama kurang lebih 20 abad atau 2.000 tahun. Menurut kabarnya, setidaknya ada 2 juta jiwa melayang selama masa pembangunan.

Note : Mengapa Candi Borobudur yang termasuk 7 keajaiban dunia tidak termasuk dalam daftar ? Menurut sejarahnya, candi yang terletak di Magelang tersebut dibuat hanya dalam waktu 50 tahun saja.
Previous
Next Post »