7 Fakta Menarik Tentang Rio Haryanto, Pembalap F1 Pertama Dari Indonesia

Akhir-akhir ini dunia olahraga Indonesia dibuat heboh dengan nama yang sudah tidak asing ditelinga kita, yakni Rio Haryanto. Disaat sepakbola yang jadi olahraga favorit di Indonesia sedang ‘mati suri’, Rio datang membawa kabar gembira lewat prestasinya di dunia balapan.


Ya, pembalap yang memiliki paras tampan tersebut mulai musim 2016 akan resmi bergabung di ajang Formula 1. Itu berarti, Rio Haryanto adalah orang Indonesia pertama yang menjajaki dunia balapan mobil paling populer di dunia tersebut. Sebelum kita menyaksikan kiprah Rio di Formula 1, lebih baik kita simak dulu beberapa fakta menarik dari pria kelahiran 1992 ini.

sumber gambar
1. Awal karir
Rio mulai terjun ke dunia balap pada tahun 2008 dimana saat itu ia baru berusia 15 tahun. Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pasific menjadi kompetisi pertama yang diikuti pemuda kelahiran Solo tersebut.

2. Prestasi pertama
BMW Pasific 2009 mungkin menjadi kompetisi yang paling dikenang Rio. Ya, saat itu ia berhasil menjadi juara pertama setelah menyelesaikan satu musim penuh dengan 11 kali  kemenangan dari total 15 pertandingan.

3. Pernah test drive F1
Sebelum secara resmi masuk ke ajang balapan Formula 1, ternyata pada tahun 2010 silam Rio sudah mengikuti tes drive meski usianya yang terbilang masih muda. Barulah 6 tahun kemudian Rio benar-benar terdaftar sebagai anggota baru ajang F1.

4. Manor Racing
Setelah resmi masuk ke dunia Formula 1, secara otomatis Rio akan bergabung bersama Manor Racing. Di tim tersebut, kemungkinan Rio menggeser pebalap asal Inggris, Will Stevens yang musim lalu menjadi rider dibawah naungan Manor Racing.

5. Mampu menguasai 4 bahasa
Sebagai seorang pembalap kelas internasional, hal tersebut mengharuskan Rio balapan di berbagai negara. Dan ‘oleh-oleh’ dari petualangannya tersebut adalah ia mampu menguasai 4 bahasa sekaligus, yakni Jawa, Indonesia, Inggris, dan Spanyol.

6. Angka Favoritnya
Saat bertanding, Rio memakai nomor 14 atau 15 yang tertempel pada mobilnya. Namun untuk urusan angka favorit bukan kedua nomor itu yang dipilih Rio. Pemuda berusia 23 tahun ini lebih menyukai angka 22.

7. Makanan favorit
Karirnya di dunia balap membuat Rio tidak selalu tinggal di Indonesia. Ia harus pergi ke berbagai negara untuk mengikuti turnamen. Inilah yang membuatnya tidak bisa selalu menikmati masakan khas Indonesia. Nah saat ditanya apa masakan kesukaannya, Rio menjawab rendang yang menjadi favoritnya.
Previous
Next Post »